Ini bisa disebabkan karena kurangnya suplai udara dari kompresor. Maka solusinya dengan mengganti kompresor yang lebih besar.
4. Hidrolik Tidak Dapat Turun Padahal Udara di Piston Sudah Habis
Hal ini biasanya terjadi pada Hidrolik cuci mobil yang masih baru, penyebabnya adalah factor pemasangan dan perakitan hidrolik dari pabrik. Solusinya putar piston sedikit demi sedikit hingga piston hidrolik beranjak turun. Dan jika piston tidak juga bisa turun padaha sudah diputar, segera hubungi perusahaan tempat anda membeli alat untuk meminta solusi terbaiknya.
ANALISA KERUSAKAN
Dari klasifikasi kerusakan pada mesin hidrolik cuci steam mobil dan motor diatas, didapat jenis kerusakan mesin yang sering terjadi menurut survey saya di Internet yaitu bocornya komponen hidrolik mesin cuci steam tersebut, sehingga perlu analisis kerusakan menggunakan metode diagram sebab-akibat (fish bone) untuk mengetahui penyebab bocornya kompenen hidrolik pada mesin cuci steam angkat kendaraan dan mencari akar dari masalahnya.
Gambar 3. Fishbone Method
Keterangan :
- Mind Power
- Pemilihan pipa instalasi yang kurang tepat
Pemilihan pipa instalasi harus dengan benar, karena jika pemilihan tidak tepat resiko kebocoran pada pipa instalasi akan besar terjadi, biasanya kebocoran tersebut disebabkan karena usia hidrolik yang sudah cukup lama, atau bisa juga karena kondisi tempatnya yang memungkinkan hidrolik tersebut mengalami korosi.
- Pemilihan busing hidrolik yang tidak tepat
Walaupun pada busing hidrolik ini jarang terjadi kebocoran tapi jika pemilihannya tidak tepat akan menyebabkan masalah yang cukup rumit, jika ada kebocoran pada busing hidrolik bisa dengan mengundang tekhnisi untuk memperbaikinya.
- Pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat
Pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat ini bisa diidentifikasi dengan adanya rembesan oli pada seal hidrolik cuci mobil. Solusinya adalah dengan mengganti seal hidrolik yang baru.
2. Methods
- Tindakan perbaikan yang kurang tepat
Faktor perbaikan pula yang menambah kebocoran pada komponen hidrolik, perbaikan yang kurang tepat membuat masalah yang harusnya terselesaikan malah menjadi terulang kembali, seperti menambal berkali kali kebocoran pada pipa instalasi yang sudah korosi, lebih di rekomendasi untuk menggantinya dengan yang baru agar kerusakan tidak berulang terus menerus.
- Tindakan penggantian yang tidak tepat
Penggantian yang tidak tepat juga dapat membuat masalah kerusakan tidak cepat terselesaikan, seperti pemasangan busing hidrolik yang tidak sesuai standarnya atau terkesan mencoba coba, lebih baik memanggil tekhnisi untuk memperbaikinya.
3. Machine
- Pipa instalasi sudah berumur / korosi
Pipa instalsi yang sudah berumur / korosi dapat menyebabkan hidrolik tidak bekerja dengan baik, karena tindakan yang kurang tepat dapat menambah kebocoran pada komponen hidrolik itu sendiri.
- Piston hidrolik turun dengan sendiri
Piston hidrolik dapat turun sendiri, penyebab kerusakannya yaitu ada pada seal hidrolik cuci steam kendaraan, karena rembesan oli pada seal hidrolik dan pemilihan seal hidrolik yang kurang tepat. Solusinya yaitu mengganti seal hidrolik dengan yang baru.
- Angin palsu pada hidrolik
Angin palsu juga bisa jadi masalah bagi hidrolik cuci mobil. Penyebab angin palsu ini bisa terjadi karena pada saat melakukan penambahan oli hidrolik, sepuyer angin tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik cuci mobil turun sendiri. Solusinya, turunkan piston sampai mentok, buka bagian lubang pada pengisina oli hidrolik dan buka sepuyernya biarkan gelembung-gelembung oli sampai habis kira-kira dibutuhkan waktu 15 menit. Setelah itu ditutup kembali.
5. Materials
- Pelumasan pada hidrolik tidak tepat
Pelumasan oli pada hidrolik tidak tepat dapat juga merusak bagian dan komponen pada mesin hidrolik itu sendiri. Gunakan oli yang standar pada hidrolik karena fungsi oli disini untuk mengatur pelannya naik turun hidrolik dan dapat menanganinya dengan tambahkan oli pada hidrolik.
- Kesalahan pada saat pengisian oli hidrolik
Kesalahan pada saat melakukan penambahan atau pengisian oli hidrolik dan sepuyer angin tidak dilepas, ini bisa menyebabkan tekanan balik yang akhirnya piston hidrolik cuci mobil turun sendiri. Lakukan penambahan atau pengisian oli pada hidrolik dengan standar yang benar.
Setelah dilakukan analisis penyebab dengan diagram sebab-akibat (fish bone) dan berdasarkan analisa saya sendiri, maka didapat penyebab dominan yang menyebabkan bocornya komponen pada hidrolik cuci steam kendaraan, yaitu:
Kebocoran pada pipa instalasi hidrolik
Masalah pada seal hidrolik
Angin palsu pada hidrolik
Permasalahan pada piston hidrolik
SARAN
Saran saya untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah Periksalah volume oli yang terdapat pada tabung Hidrolik Mobil atau Motor, Jika ternyata volume oli tersebut berkurang, maka lakukan penambahan hingga sesuai ketentuan. Pergunakan oli bekas yang telah anda saring atau anda endapkan.
Periksalah bagian piston Hidrolik Mobil atau Motor, jika permukaan piston kering, maka hal ini adalah normal dan hidrolik dalam kondisi baik. tapi jika dinding piston ini basah oleh oli, maka lakukanlah penggantian seal hidrolik. Biasakanlah membersihkan dinding piston sebelum piston tersebut diturunkan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada dinding piston dan seal hidrolik yang diakibatkan oleh pasir atau kotoran lainnya.
DAFTAR PUSTAKA
[1] https://peralatancucimobilmotor.com/cara-kerja-dan-perawatan-hidrolik/
[2] https://ikame.net/cara-menangani-masalah-kerusakan-pada-hidrolik-cuci-mobil/
[3] https://lifepal.co.id/media/sering-cuci-mobil-hidrolik-kenali-risiko-dan-biaya-mengancam/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar